Suzuki Wishdom: Interaksi Dalam Mendengar,
MANUSIA BERJIWA BESAR LEBIH BANYAK MENDENGAR DARIPADA BERBICARA
"Semakin besar orang yang bersangkutan, semakin cenderung ia mendorong anda untuk berbicara. Semakin kecil orang yang bersangkutan, semakin sering ia mengkhotbahi anda." (David J. Schwartz)
Telinga adalah saluran untuk menerima informasi secara audio. Melalui telinga, anda mendengarkan banyak hal, baik hal yang sifatnya menyenangkan atau sebaliknya. Gunakanlah secara selektif dalam menerima informasi, maka tutuplah telinga saat mendengar perkataan negatif serta bukalah saat mendapatkan informasi positif. Informasi ibarat bahan mentah yang dapat diubah menjadi kekuatan kreatif atau kekuatan destruktif.
Mendengar adalah seni dan tak semua orang paham akan hal ini serta diterapkan dalama hidup, Namun sesungguhnya kita bisa meresapinya dengan mudah. Mulut, telinga dan seluruh anggota badan kita semua adalah sebuah anugrah dari Tuhan patut untuk disyukuri serta banyaknya rahasia, kita tidak pernah tau apa itu tujuanya kecuali Tuhan itu sendiri yang tahu. Sebagai manusia hanya bisa menjalani apa yang menjadi takdir dariNya serta dibarengi dengan usaha - usaha dalam meraihnya apapun itu entah usaha yang bersifat negatif ataupun positif. Manusia bijak adalah yang bisa menempatkan diri dimana waktu untuk mendengar dan berbicara, ataupun mendengarkan dengan seksama lalu memberikan tanggapan.
Manusia yang teralu cepat berkata terkadang cepat pula salah dalam menilai, melukai perasaan orang lain, menunjukan bahwa dirinya egois karena selalu ingin didengarkan. Menurut David J. Schwartz "kita tak belajar apapun dengan berbicara, tapi dengan bertanya dan mendengarkan kita dapat mempelajari banyak hal sekaligus.
Ada tiga tahap untuk meningkatkan kreativitas melalui sebuah pertanyaan maupun mendengarkan antara lain :
1. Dorong orang lain untuk berbicara.
Melakukan hal demikian maka akan diperoleh dua kemenangan rangkap yaitu ; diperoleh bahan yang menghasilkan pikiran kreatif dan didapatkannya teman. dengan diperolehnya keuntungan tersebut diatas akan menjadi nilai tambah dimana orang lain akan menghargai kita karena diberikannya waktu untuk berbicara tanpa dicela sesuai dengan etika dalam komunikasi.
2. Uji pandangan kita dalam bentuk pertanyaan.
Berikan kesempatan orang lain untuk membantu dalam memoles sebuah ide ataupun gagasan kita, serta lakukan pendekatan dengan mengajukan sebuah pertanyaan seperti "bagaimana pendapat anda mengenai saran ini?" dengan demikian maka kesempatan orang lain untuk mengeluarkan ide dan gagasan segarpun mengalir dengan sendirinya tanpa adanya sebuah batasan - batasan yang menghalanginya, sebuah keuntungan besar dengan semakin kompleksnya gagasan - gagasan yang bermunculan jika disatukan dalam satu simpul maka hasil yang diperoleh jauh lebih baik.
3. Konsentrasi pada yang dikatakan orang lain.
Mendengarkan bukan lebih dari sekedar menutup mulut dengan rapat, tetapi biarkan perkataan-perkatan tersebut menembus pikiran telaah dan maknai perkatanya, cegah keinginan mencela ataupun memotong setiap perkataan orang lain jika kita tak ingin direndahkan dan diremehkan orang lain.
Menjadi pribadi yang berjiwa besar yang mampu mendengar dibandingkan lebih banyak berbicara, maka siapapun bisa melakukannya anda, kita atau siapapun.
Suzuki All New Ertiga |
(Authorized Suzuki Dealer)
☎️ 0813 9897 7574
PT. Trimitra Sejahtera Mobilindo
Sales | Service | Spareparts
Jl. Raya Imam Bonjol II Telaga Asih
Kec. Cikarang Barat
Cibitung - Bekasi.
- Manfaat didapatkan untuk Pembelian Unit Suzuki Semua Tipe ditempat kami :
👉 Promo Pembelian
👉 Promo Pembelian
☑️ Tersedia Total Dp Menarik
☑️ Potongan Harga Bersaing
☑️ Potongan Harga Bersaing
☑️ Proses Mudah Sangat Tersedia
☑️ Banyak Bonus Nya
☑️ Layanan 24 Jam 7 Hari
👉 Layanan After Sales Terjamin
☑️ Layanan 24 Jam 7 Hari
👉 Layanan After Sales Terjamin
☑️ Tersedia, klik 👉 Unit Online Booking Service
- Tidak perlu lama Antri
- Mobil Datang, Mobil Langsung Service
- Manjakan Pelayanan Service Kendaraan
- Sesuaikan Posisi Dealer Dekat Tempat Tinggal
- Sangat Kami Hargai Waktu Berharga Anda
☑️ Free Jasa Service s/d 50rb KM
☑️ Layanan Jasa Perpanjangan STNK
☑️ Layanan Perpanjangan Asuransi Kendaraan
☑️ Layanan Proses Tukar tambah (trade in)
Kebahagiaan Anda Keluarga, Kebanggaan Kami