Mengenai Saya

Foto saya
Pulogadung, Jakarta Timur, DKI JAKARTA, Indonesia
☎️ 0813-8924-7541

Senin, 25 Februari 2019

Beda Dua Jenis Transmisi Otomatis

Suzuki All New Ertiga 2019
Suzuki All New Ertiga 2019


Beda Dua Jenis Transmisi Otomatis


Ketika memutuskan akan membeli mobil, tentunya kamu mempertimbangkan semua hal sebelum memilih. Setelah memilih brand dan tipe mobil yang akan kamu beli, selanjutnya kamu harus memilih transmisi mobilnya, transmisi manual atau otomatis.

Transmisi otomatis ini terbagi dua jenis yang popular dipakai di Indonesia, yaitu transmisi otomatis konvensional dan transmisi otomatis CVT (Continuosly Variable Transmission).

Meski sama - sama transmisi otomatis, tapi kedua tipe ini memiliki beberapa perbedaan mendasar.

Dilansir dari GridOto, di mobil bertransmisi otomatis konvensional, rasio gigi terbuat dari planetary gear atau roda gigi planet. Diberi nama ini karena kombinasi roda giginya yang menyerupai pergerakan planet dan matahari.

Umumnya, di transmisi otomatis konvensional 4-speed, ada dua set planetary gear yang bekerja sama menciptakan rasio gigi dari gigi 1-4 dan mundur.

Kemudian, transmisi otomatis konvensional bekerja menggunakan torque converter yang berbentuk seperti donat. Komponen inilah yang jadi pembeda dengan transmisi manual.

Torque converter memanfaatkan tekanan oli dari valve body yang akan menggerakkan input shaft dari transmisi otomatis yang menggerakkan laju mobil.

Dua komponen inilah yang bekerja pada transmisi otomatis konvelsional. Lain halnya dengan transmisi CVT.

Transmisi CVT tidak bekerja menggunakan dua komponen ini, melainkan menggunakan sepasang puli, yaitu drive pulley dan driven pulley.

Kedua puli ini bisa membesar dan mengecil (bergerak kekiri atau kekanan) berdasarkan perintah computer, sesuai dengan putaran mesin dan laju mobil. Pergerakan puli ini dihubungkan oleh sebuah sabuk baja yang diameternya akan ikut berubah, seiring pergerakan kedua puli.

Suzuki Ertiga 2019
Suzuki Ertiga 2019


Pergerakan sabuk baja inilah yang jadi rasio gigi di transmisi CVT, membuatnya memiliki rasio gigi lebih luas dibandingkan dengan transmisi konvensional yang rasio giginya memiliki tingkatan.

Singkat kata, transmisi otomatis konvensional adalah versi otomatis dari transmisi manual yang masih mengunakan rasio gigi, sedang CVT sistem kerjanya seperti motor scooter, sehingga tidak ada perpindahan gigi, namun langsung menyesuaikan RPM dengan kecepatan mobil.

Kelemahan transmisi otomatis konvensional adalah perpindahan gigi masih terasa, sedang kelemahan transmisi CVT tenaga tidak langsung terasa saat menginjak gas.

Mana yang lebih baik? Kedua nya dibuat untuk kenyamanan mengemudi, sehingga tidak ada yang lebih ungul secara signifikan. Transmisi otomatis konvensional yang sekarang pun sudah di perbaharui teknologinya sehingga saat perpindahan gigi terasa lebih halus.

Di Indonesia, mobil-mobil dengan transmisi otomatis konvensional contohnya ada Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Toyota Kijang Innova, dan Toyota Fortuner.

Suzuki All New Ertiga Mobil Keluarga Indonesia
Suzuki All New Ertiga Mobil Keluarga Indonesia


Kalau contoh mobil dengan transmisi CVT ada Toyota Yaris dan C-HR, Honda Jazz dan HR-V, serta Nissan Grand Livina dan Juke.

Kamu bisa memilih transmisi mana yang pas untukmu. Jangan lupa sebelum bertransaksi, tanyakan dulu promo apasaja yang tersedia, agar kamu mendapatkan manfaat maksimal.

Info Promo Suzuki All New Ertiga


Info Klik 👉  Suzuki Pusat Bekasi
(Authorized Suzuki Dealer)
PT. Trimitra Sejahtera Mobilindo
Sales | Service | Spareparts
Jl. Raya Imam Bonjol II Telaga Asih
Kec. Cikarang Barat
Cibitung - Bekasi.

- Manfaat didapatkan untuk Pembelian Suzuki semua tipe Unit ditempat kami :

👉  Promo Pembelian
  • Tersedia Total Dp Menarik
  • Potongan Harga Bersaing
  • Proses Mudah Sangat Tersedia
  • Banyak Bonus Nya
  • Layanan 24 Jam 7 Hari
  • Dapatkan Harga Terbaik
  • Cicilan Ringan
  • Proses Dibantu
  • DP/Angsuran Bisa Disesuaikan
  • Proses Cepat
👉  Layanan After Sales Terjamin
klik 👉 Unit Online Booking Service
  • Tidak perlu Antri
  • Mobil Langsung Service
  • layanan Service Kendaraan
  • Dealer Dekat Tempat Tinggal
  • Kami Hargai Waktu Anda
- Free Jasa Service s/d 50rb KM
- Jasa Perpanjangan STNK
- Layanan Asuransi Kendaraan
- Proses Tukar tambah (trade in)

Kebahagiaan Anda Keluarga, Kebanggaan Kami